SpongeBob SquarePants

Minggu, 04 Desember 2016

Manfaat Daun Sukun

   Sukun adalah salah satu jenis buah yang tidak asing di masyarakat. Buah ini sering dimasak menjadi berbagai macam hidangan, baik di goreng maupun direbus. Namun sukun tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja. Daun sukun memiliki bentuk yang lebar dengan beberapa garis-garis ruas yang terlihat sangat jelas. Daun ini memiliki warna hijau yang sangat identik. Karakter daun memiliki bentuk seperti daun pohon kluwih. Beberapa jenis senyawa yang ditemukan pada daun sukun kering memang efektif untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.Daunnya pun bisa bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat sukun untuk kesehatan :


  •  Mengobati penyakit Ginjal                                                                                                 Orang yang sudah mengalami penyakit gagal ginjal wajib melakukan cuci darah secara rutin. Tetapi efek dari pengobatan ini memang kurang baik untuk tubuh dan dapat membuat penderita tidak ingin melakukan cuci darah. Namun ternyata daun sukun kering dapat dimanfaatkan karena memiliki senyawa khusus yang bisa mendorong efek diuretik. Penderita dapat memakai terapi ini selama beberapa bulan hingga penyakitnya sembuh. 
  • Khasiat daun sukun untuk penyakit lever
    Ambil daun yang sudah tua kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua. Tunggu hingga dingin, minum air rebusan daun sukun dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.
  • Menurunkan resiko penyakit Jantung                                                                                Untuk menurunkan resiko penyakit jantung dapat digunakan terapi air teh daun sukun. 
  • Berguna untuk mengobati asam urat
    Pilih daun segar yang mulus dan bersihkan menggunakan kain jika permukaannya kotor. Cuci daun tersebut kemudian potong-potong lalu keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Manfaat daun sukun kering ini bisa menyembuhkan penyakit asam urat caranya siapkan 15 gram daun kering, satu genggam daun greges otot (bibitungan), madu atau gula batu secukupnya serta 1 gelas air mendidih.
  • Manfaat daun sukun untuk diabetes
    Sediakan tiga lembar daun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di dahan pohon. Bersihkan di air mengalir, rajang kemudian jemur sampai kering. Siapkan juga wadah lalu isi air bersih dua liter. Rebus daun sukun kering tadi dalam wadah yang sudah disiapkan. Tunggu hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air bersih satu liter dan rebus lagi sampai separuh.
Sekian tips mengenai manfaat Daun Sukun. Silahkan mencoba

Posted by : Devallie Nurul Yudha
Email : devallienuruly@gmail.com
Blog : http://devalienurul.blogspot.co.id/ 

0 komentar:

Posting Komentar